Facebook SDK

Berikut Tutorial Lengkap Setting RDM - Khusus Fitur Admin  Proktor atau OPM 

1. Login RDM

Setelah selesai melakukan instalasi baik Versi VDI, XAMPP/ Installer dan Hosting. Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Masukkan token untuk aktivasi RDM ini. Token bisa didapatkan melalui HD Kabupaten atau Provinsi masing-masing.
  1. Masukkan NSM
  2. Masukkan Token
  3. Pilih Jenis Penilaian
  4. Masukkan password
  5. Lalu klik Daftar 
Selanjutnya stelah regristasi berhasil Anda akan diarahkan ke halaman LOGIN. Masukkan NSM dan Password yang sudah diinput saat melakukan aktivasi. Sebelumnya silahkan simpan di Notepad untuk Password untuk jaga-jaga kita lupa 
Gunakan NSM dan Paswwod yang telah didaftarkan maka akan masuk di Beranda

2.  Beranda Aplikasi RDM

  Setelah kita sukses melakukan login aplikasi menggunakan username NSM dan password yang dinputkan pada saat registrasi. Maka, Anda akan diarahkan pada halaman beranda RDM. 

Pada tampilan dashboard, akan ada informasi mengenai jumlah guru, jumlah siswa, jumlah kelas dan ekstrakurikuler. Pada bagian sebelah kiri ada beberapa menu diantaranya :
  • Dashboard
  • Profil Madrasah
  • Lembaga
  • Guru
  • Siswa
  • Rapor
  • Admin Aplikasi
  • Backup Restore
  • dan Logout
Ketika Anda masuk ke halaman dashboard dan ada pop up UPDATE APLIKASI lakukan update terlebih dahulu Atau kita bisa melakukan update manual dengan cara klik pada bagian logo di kanan atas lalu pilih Update sebelum melanjutkan ke menur-menu yang lain.

Setelah itu akan muncul popup update. Di sini kita bisa melakukan update aplikasi secara online maupun offline. Namun sampai artikel ini ditulis, menurut saya pribadi akan lebih mudah kita melakukan update online karena lebih mudah dan pastikan INTERNET STABIL

Melakukan update dan sukses. Maka pastikan bahwa saat ini Anda menggunakan RDM versi terbaru, seperti di bawah ini.

Ketika tampil tulisan Update Berhasil maka versi RDM Anda sudah berada pada versi terupdate maka aplikasi ini siap digunakan. Selanjutnya kita ke menu menu berikut ini.

3. Setting Profil Madrasah

Tahapan berikutnya yaitu update Profile Madrasah yaitu :

  • Mengganti logo Madrasah
  • Mengubah password login admin
  • Mengubah Nama dan NIP Kepala Madrasah

4. Pengaturan Lembaga

Tahap berikutnya adalah menyetting atau mengatur lembaga. Pada pengaturan ini operator atau Proktor melakukan beberapa penyesuaian diantaranya :

  • Pengaturan 

Halaman ini digunakan untuk menentukan tahun ajaran dan semester secara default pada halaman login. Silahkan aktifkan tahun ajaran dan semester sesuai dengan yang berjalan di madrasah Anda saat ini. Untuk rincian menu ini adalah tentang Mengatur Tahun Ajaran Aktif, Sistem Penilaian, dan Semester Aktif  perhatikan gambar 

5. Sinkron Mata Pelajaran

Untuk sinkron mata pelajaran, Anda cukup klik di menu Lembaga pilih Mata Pelajaran pilih Syncron. Setelah itu tunggu beberapa saat, maka seluruh mata pelajaran sesuai jenjang madrasah Anda akan terunduh dan muncul seperti gambar *( LAKUKAN SYNCRON SATU KALI SAJA ).

Untuk tombol digunakan untuk melakukan tambah mata pelajaran. Tentunya untuk mata pelajaran Muatan Lokal. Adapun langkahnya, langsung klik saja tanda tersebut lalu ikuti langkah seperti gambar di bawah ini. 

Keretangan :

  • Kelompok
    Pilih kelompok mapel A, B atau C. Kalau di sini kita akan menambahkan mata pelajaran muatan lokal, berarti kita pilih kelompok C.
  • Induk
    Secara default pilih Tanpa Induk
  • Jurusan
    Pilih Umum jika mata pelajaran digunakan untuk semua jurusan
  • Nama Mapel
    Tulis nama mata pelajaran secara lengkap
  • Nama Singkat
    Tulis nama singkatan mapel. Misalnya Bahasa Jawa, tulis dengan B. Jawa
  • Mapel Pilihan
    Ceklis bagian ini, jika mata pelajaran tersebut merupakan mapel pilihan.
  • Jumlah Jam
    Jumlah jam perminggu sesuai dengan Kurikulum yang berlaku
  • Urutan
    Isikan dengan nomor urut mata pelajaran

Apabila sudah selesai klik SAVE CHANGES, maka mata pelajaran yang baru saja diinput akan muncul sesuai dengan nomor urut mapel yang dimasukkan tadi. 

6. Input Data Guru

Sebelum melakukan input kelas pada menu Lembaga, kita harus melakukan input data guru. Karena, dalam input kelas akan diminta memasukkan nama wali kelas.
Fitur upload guru ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu input dengan menggunakan template excel dan manual tapi di sini saya menggunakan template excel saja biyar cepat. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut lihat urutan pada gambar ( 1 sampai 3 ): 

Tentunya sebelum upload kalian isi dulu template excelnya bisa download di sini Template Guru isikan sesuai format yang diminta dan setelah selsai pengisian tempale selesai silahkan upload urutanya seperti gambar di atas dan pastikan kalo upload sukses seperti gambar di bawah ini 
Apabila ada terjadi data gagal upload, maka silahkan cek isian data yang di excel dan pastikan sesuai dengan format yang sudah ditentukan

7. Input Kelas

Setelah upload data guru sukses, langkah berikutnya adalah Input Data Kelas. Caranya Klik menu Lembaga pilih Kelas lalu pilih + tambah warna biru  Setelah itu akan muncul tampilan Tambah Kelas perhatikan gambar di bawah 

  • Pilih tingkat kelas
  • Pilihan Jurusan (Untuk MI Pilih UMUM )
  • Pilih Nama Kelas (urutan kelas, Misal A = 1 B = 2)
  • Pilih nama wali kelas
  • Save, untuk menyimpan

Setelah selesai menginput seluruh kelas, maka data kelas akan masuk ke dalam tabel kelas telah kita buat seperti gambar di bawah ini. 

8. Mengatur Data Mengajar Guru

Setelah data guru guru dan input kelas selesai berikutnya Mengatur jadwal guru sesuai dengan yang diampu adalah input atur mengajar guru berdasarkan kelas. Langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Klik menu Guru pilih Mengajar
  • Pilih Tingkat dan Kelas
    Maka akan muncul seluruh mapel untuk kelas tersebut.
  • Lalu, pilih guru sesuai mapel yang diampu pada kelasnya

9. Input Data Siswa

Untuk Input data siswa. Tidak berbeda jauh dengan input data guru, input data siswa juga dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan template atau input manual melalui aplikasi satu per satu.Yang kita bahas input data siswa menggunakan Template. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut : Klik menu Siswa pilih Data Siswa Pilih Tingkat dan Kelas. Untuk template siswa silahkan download di sini Template Siswa
pastikan upload berhasil 
Apabila ada terjadi data gagal upload, maka silahkan cek isian data yang di excel dan pastikan sesuai dengan format yang sudah ditentukan

10. Input Ekstrakurikuler

Selanjutnya adalah mengaturan Data Ekstrakurikuler. Secara default, sudah ada bawaan ekstra yang ada di dalam aplikasinya. Namun, ketika masih bisa menghapus dan menambahkan ekstrakurikuler lain yang belum ada.

Langkahnya untuk menambahkan ekstrakurikuler pada aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) adalah sebagai berikut :

  • Klik menu Rapor pilih Ekstrakurikuler
  • Klik pada tombol 
  • Akan muncul form tambah ekstrakurikuler
  • Masukkan nama kegiatan ekstrakurikuler
  • Ceklis jika merupakan ekstrakurikuler wajib
  • Pilih pembina
  • Save Changes

11. Input KKM

Untuk Pengaturan selanjutnya adalah setting KKM. Saat artikel ini saya ditulis, menu KKM dalam aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) ini masih menggunakan KKM Tunggal per tingkat. Artinya KKM tiap kelas dalam satu tingkat sama dan di setting melalui menu login proctor atau admin.

Silahkan isi KKM masing-masing tingkatan. Jika menggunakan KKM Tunggal, isi KKM tiap tingkatan dengan nilai yang sama perhatikan gambar di bawah ini. 

12. Pengaturan Cetak Rapor

Pengaturan berikutnya adalah pengaturan cetak rapor. Dalam hal ini isian pengaturan cetak terdiri hanya terdiri dari 3 :

  1. Tempat cetak (Isi dengan kabupaten/kota Anda) contoh CILACAP
  2. Tanggal cetak ( Format Tahun-bulan-tanggal ) contoh 2021-12-20 
  3. Watermark (Cukup kosongkan apabila tidak ingin menggunakan watermark rapor) 

13. Status Nilai

Menu ini digunakan untuk melakukan kontrol terhadap input nilai guru pada setiap kelas. Proktor atau Admin dapat melihat ataupun mengecek  apakah nilai pada setiap kelas sudah masuk semua atau belum. Termasuk dalam hal ini adalah prosentase progres input nilai pada kelas tersebut. langkahnya

Pilih tingkat dan kelas yang akan kita dilihat status nilainya. Maka akan muncul rekap nilai yang masuk dan yang belum di dalam menu ini.

Di samping itu, proctor atau admin juga dapat melakukan pengecekan apakah input nilai dalam kelas tersebut sudah dilock atau dikunci oleh wali kelas masing masing atau belum.

Jika input nilai pada kelas tersebut sudah dikunci oleh wali kelas, maka guru tidak dapat melakukan input atau perubahan nilai kembali. Nilai dapat diupdate saat wali kelas membuka kembali lock input nilai. 
demikianlah Urutan pengaturan atau pekerjaan Operator Madrasah ( OPM ) selaku admin atau proktor.
Selamat mencoba jangan lupa tanyakan di komentar kalo ada yang perlu ditanyakan.

13. UPDATE RDM

Ketika login setelah setting semua biasanya akan muncul "Update RDM" maka silahkan Ya, Update Sekarang
update RDM
Tapi kalo sudah pernah muncul seperti ini dan pilih UPDATE RDM Maka di Cancel saja.

8 Comments

Silahkan komentar dengan bahasa yang baik dan benar

  1. Terimakasih sangat membantu pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa membantu di tempat panjengan bekerja SALAM MADRASAH HEBAT BERPRESTASI

      Delete
  2. kalo profil nama kecamatan tidak sesuai bagaimnana ya pak...

    ReplyDelete
  3. link proktor RDM sy tidak bisa di akses, sedangkan Link untuk wali kelas dan Guru Mapel Bisa di Akses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan Username dan Passwordnya Benar ya ...

      Delete
  4. Username : NSM ( 111233xxxx )
    Pasword. : Pas Awal membuat akun

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan komentar dengan bahasa yang baik dan benar

Previous Post Next Post