1. Login RDM
- Masukkan NSM
- Masukkan Token
- Pilih Jenis Penilaian
- Masukkan password
- Lalu klik Daftar
2. Beranda Aplikasi RDM
- Dashboard
- Profil Madrasah
- Lembaga
- Guru
- Siswa
- Rapor
- Admin Aplikasi
- Backup Restore
- dan Logout
3. Setting Profil Madrasah
Tahapan berikutnya yaitu update Profile Madrasah yaitu :
- Mengganti logo Madrasah
- Mengubah password login admin
- Mengubah Nama dan NIP Kepala Madrasah
4. Pengaturan Lembaga
Tahap berikutnya adalah menyetting atau mengatur lembaga. Pada pengaturan ini operator atau
Proktor melakukan beberapa penyesuaian diantaranya :
- Pengaturan
Halaman ini digunakan untuk menentukan tahun ajaran dan semester secara default pada halaman login. Silahkan aktifkan tahun ajaran dan semester sesuai dengan yang berjalan di madrasah Anda saat ini. Untuk rincian menu ini adalah tentang Mengatur Tahun Ajaran Aktif, Sistem Penilaian, dan Semester Aktif perhatikan gambar
5. Sinkron Mata Pelajaran
Untuk
tombol digunakan untuk melakukan tambah mata pelajaran. Tentunya
untuk mata pelajaran Muatan Lokal. Adapun langkahnya, langsung klik saja
tanda tersebut lalu ikuti langkah seperti gambar di bawah ini.
Keretangan :
- Kelompok
Pilih kelompok mapel A, B atau C. Kalau di sini kita akan menambahkan mata pelajaran muatan lokal, berarti kita pilih kelompok C. - Induk
Secara default pilih Tanpa Induk - Jurusan
Pilih Umum jika mata pelajaran digunakan untuk semua jurusan - Nama Mapel
Tulis nama mata pelajaran secara lengkap - Nama Singkat
Tulis nama singkatan mapel. Misalnya Bahasa Jawa, tulis dengan B. Jawa - Mapel Pilihan
Ceklis bagian ini, jika mata pelajaran tersebut merupakan mapel pilihan. - Jumlah Jam
Jumlah jam perminggu sesuai dengan Kurikulum yang berlaku - Urutan
Isikan dengan nomor urut mata pelajaran
Apabila sudah selesai
klik SAVE CHANGES, maka mata pelajaran yang baru saja diinput akan muncul
sesuai dengan nomor urut mapel yang dimasukkan tadi.
6. Input Data Guru
Sebelum
melakukan input kelas pada menu Lembaga, kita harus melakukan input data guru.
Karena, dalam input kelas akan diminta memasukkan nama wali kelas.7. Input Kelas
Setelah upload data guru sukses, langkah berikutnya adalah Input Data Kelas. Caranya Klik menu Lembaga pilih Kelas lalu pilih + tambah warna biru Setelah itu akan muncul tampilan Tambah Kelas perhatikan gambar di bawah
- Pilih tingkat kelas
- Pilihan Jurusan (Untuk MI Pilih
UMUM )
- Pilih Nama Kelas (urutan kelas,
Misal A = 1 B = 2)
- Pilih nama wali kelas
- Save, untuk menyimpan
Setelah selesai menginput seluruh kelas, maka data kelas akan masuk ke dalam tabel kelas telah kita buat seperti gambar di bawah ini.
8. Mengatur Data Mengajar Guru
Setelah data guru guru dan input kelas
selesai berikutnya Mengatur jadwal guru sesuai dengan yang diampu adalah input atur mengajar guru
berdasarkan kelas. Langkahnya adalah sebagai berikut :
- Klik menu Guru pilih
Mengajar
- Pilih Tingkat dan Kelas
Maka akan muncul seluruh mapel untuk kelas tersebut. - Lalu, pilih guru sesuai mapel yang diampu pada kelasnya
9. Input Data Siswa
10. Input Ekstrakurikuler
Selanjutnya adalah mengaturan Data
Ekstrakurikuler. Secara default, sudah ada bawaan ekstra yang ada di dalam
aplikasinya. Namun, ketika masih bisa menghapus dan menambahkan ekstrakurikuler
lain yang belum ada.
Langkahnya untuk menambahkan ekstrakurikuler pada aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) adalah sebagai berikut :
- Klik menu Rapor pilih Ekstrakurikuler
- Klik pada tombol
- Akan muncul form tambah ekstrakurikuler
- Masukkan nama kegiatan ekstrakurikuler
- Ceklis jika merupakan ekstrakurikuler wajib
- Pilih pembina
- Save Changes
11. Input KKM
Untuk Pengaturan selanjutnya adalah setting KKM. Saat artikel ini saya ditulis, menu KKM dalam aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) ini masih menggunakan KKM Tunggal per tingkat. Artinya KKM tiap kelas dalam satu tingkat sama dan di setting melalui menu login proctor atau admin.
Silahkan isi KKM masing-masing tingkatan. Jika menggunakan KKM Tunggal, isi KKM tiap tingkatan dengan nilai yang sama perhatikan gambar di bawah ini.
12. Pengaturan Cetak Rapor
Pengaturan berikutnya
adalah pengaturan cetak rapor. Dalam hal ini isian pengaturan cetak terdiri hanya
terdiri dari 3 :
- Tempat cetak (Isi dengan
kabupaten/kota Anda) contoh CILACAP
- Tanggal cetak ( Format Tahun-bulan-tanggal ) contoh 2021-12-20
- Watermark (Cukup kosongkan apabila tidak ingin menggunakan watermark rapor)
13. Status Nilai
Menu ini digunakan untuk
melakukan kontrol terhadap input nilai guru pada setiap kelas. Proktor atau Admin
dapat melihat ataupun mengecek apakah
nilai pada setiap kelas sudah masuk semua atau belum. Termasuk dalam hal ini
adalah prosentase progres input nilai pada kelas tersebut. langkahnya
Pilih tingkat dan kelas
yang akan kita dilihat status nilainya. Maka akan muncul rekap nilai yang masuk
dan yang belum di dalam menu ini.
Di samping itu, proctor atau
admin juga dapat melakukan pengecekan apakah input nilai dalam kelas tersebut
sudah dilock atau dikunci oleh wali kelas masing masing atau belum.
Terimakasih sangat membantu pak...
ReplyDeleteSemoga bisa membantu di tempat panjengan bekerja SALAM MADRASAH HEBAT BERPRESTASI
Deletekalo profil nama kecamatan tidak sesuai bagaimnana ya pak...
ReplyDeleteHubungi HD Kabupaten ya pak...
Deletelink proktor RDM sy tidak bisa di akses, sedangkan Link untuk wali kelas dan Guru Mapel Bisa di Akses
ReplyDeletePastikan Username dan Passwordnya Benar ya ...
DeleteUsername : NSM ( 111233xxxx )
ReplyDeletePasword. : Pas Awal membuat akun
Is the best
ReplyDeletePost a Comment
Silahkan komentar dengan bahasa yang baik dan benar